in

LoveLove

Mengintip Teknologi Kabel Elastis dan Melar

Sebuah info teknologi yang berikut memberikan angin segar bagi produsen dan manufactur yang memproduksi kabel dengan keunggulan tertentu.

Apakah Anda sering mengutak-atik kabel, atau benci dengan kabel Anda yang sangat panjang dan memakan tempat serta merusak pemandangan di ruangan Anda? Kabel merupakan salah satu bagian bahan elektronik yang tidak mungkin terpisahkan karena banyak hal teknologi yang membutuhkan barang yang satu ini.

Dengan adanya kabel, maka arus listrik antara sumber listrik dengan perangkat elektronik dan teknologi akan dapat dihubungkan. Artikel ini dapat menjadi solusi untuk Anda yang menginginkan produk kabel yang lebih baik dan simpel.

Teknologi Bagi Produsen Kabel

Sebuah info teknologi yang berikut memberikan angin segar bagi produsen dan manufactur yang memproduksi kabel dengan keunggulan tertentu. Adalah sejumlah peneliti material dan bahan asal North Carolina State University, USA, yang saat ini sedang mengembangkan bahan campuran yang digunakan sebagai alat penghantar aliran listrik yang umum kita sebut sebagai kabel. Bahan tersebut memiliki terobosan teknologi yang sangat unik, yaitu bisa ditarik melar. Ukuran stress penarikannya pun sangat elastis, yaitu mencapai 8 kali lipat ukuran awal.

Walaupun penelitian tersebut masih dalam tahap uji coba dan masih akan terus dikembangkan, mereka mengungkapkan bahwa bahan yang mereka teliti tersebut memang memiliki elastisitas sesuai dengan yang mereka inginkan, sehingga penelitian tersebut berhasil dicapai. Sebagai bentuk dari pengabdian terhadap masyarakat, penelitian mereka tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah berjudul Advanced Functional Material.

Teknologi Masih Disempurnakan


Susunan konstruksi dasar bahan tersebut sebenarnya adalah berupa semacam ‘pipa’ elastis yang berisi sebuah logam ‘cair’ yang bersifat super konduktif (Highly Conductive Liquid Metal Alloy, red.). Dengan adanya logam tersebut, maka akan terjadi konduksi atau perpindahan energi berupa arus listrik yang melewati media padat berupa kabel tersebut.

Hingga saat ini peneliti-peneliti tersebut masih menyempurnakan hasil temuan mereka agar nantinya dapat diproduksi secara komersil. Belum diketahui kapan bahan unik kabel ini akan mendaftarkan paten dan memproduksi dalam skala industri ke pasaran. Tapi yang pasti, kecanggihan teknologi yang satu ini akan memberikan terobosan inovasi yang menguntungkan di masa depan.

Written by Filaa

Admin magang yang suka bikin konten seputar teknologi, hiburan, dan hal-hal aneh lainnya :)