Jenis Kain Lembut dan Halus Untuk Printing Kain
Jenis Kain Lembut dan Halus Untuk Printing Kain
in

Jenis Kain Lembut dan Halus Untuk Printing Kain

Memilih jenis kain yang tepat merupakan hal penting yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli produk atau membuat produk tekstil seperti baju, celana atau yang lainnya, terutama produk yang kita kenakan.

Kualitas dan jenis dari kain tentu akan membuat kita nyaman dan betah dalam mengenakan produk tersebut. Pemilihan jenis kain untuk setiap produk tentunya perlu diperhatikan karena tidak semua kain cocok untuk dibuat menjadi produk-produk tertentu.

Ada banyak kain yang bisa kamu pilih untuk diberikan desain atau motif dengan teknologi printing kain, berikut ini adalah beberapa jenis kain dengan tekstur yang lembut dan halus yang cocok untuk produk-produk seperti hijab, syal, dan yang lainnya.

  1. Satin

Jenis kain satin merupakan jenis yang cukup populer dalam industri tekstil. Jenis kain ini memiliki karakteristik yang ringan dan dengan tekstur yang mengkilap serta sejuk ketika dikenakan. Itulah yang membuat jenis kain satin ini banyak digunakan untuk produk-produk fashion seperti baju, kerudung, syal dan yang lainnya.

Jenis kain satin juga memiliki kerapatan yang sangat baik sehingga cocok untuk diberi motif atau desain dengan teknik printing kain karena warna akan bertahan lebih baik pada kain, dan tinta tidak tembus pada saat proses pencetakan desain.

  1. Voal

Jenis kain dengan tekstur lembut dan halus lainnya yakni dikenal dengan nama Voal. Jenis kain ini juga memiliki kerapatan yang baik seperti satin sehingga ketika proses printing kain dapat menahan tinta untuk tidak tembus dan membuat tinta bertahan dengan baik pada kain. Kain jenis ini juga sejuk ketika dikenakan itulah yang membuat kain ini umumnya digunakan untuk membuat produk-produk fashion.

  1. Katun

Jenis kain berikutnya yakni kain katun, kain ini merupakan kain yang berasal dari serat alami tumbuhan dan hewan. Dalam industri printing kain, kain jenis ini sangat digemari karena mampu meresap tinta dengan baik sehingga desain atau motif yang dicetak dapat menempel dengan kuat dan sempurna pada kain

  1. Organza

Jenis kain berikutnya yang juga memiliki tekstur tidak kalah dengan beberapa jenis kain diatas yakni Organza. Kain ini memiliki karakteristik mengkilap seperti satin, bahkan mampu memantulkan cahaya sehingga kain ini cocok untuk digunakan dalam membuat pakaian maupun kerudung karena bahannya membuat produk tampak mewah dan premium.

Beberapa kain diatas populer digunakan untuk membuat produk fashion, dan menjadi jenis kain yang cocok untuk diberi gambar atau motif karena memiliki tekstur yang cocok untuk membuat tinta bertahan dengan baik dan menempel sempurna pada kain, sehingga kualitas dari printing tidak akan mengecewakan.

Selain pemilihan kain tentunya kamu juga harus memperhatikan, jasa print kain, motif atau desain yang ingin diberikan pada kain pada proses printing kain. Memadukan desain agar sesuai dengan produk tentu akan membuat produk menjadi lebih menarik.

Terlebih lagi ketika desain yang kamu buat memiliki nilai estetika, tentu akan membuat produk kamu memiliki daya tarik yang lebih tinggi dan nilai jual yang lebih tinggi pula tentunya. Dengan begitu produk bisa bersaing dengan produk-produk lainnya, terlebih dalam indsutri tekstil ada banyak para pelaku usaha didalamnya, tentunya apabila produk yang kamu jual tidak memiliki daya  tarik dan nilai jual tentu tidak akan dapat bersaing dengan produk-produk lainnya dan akan membuat produk kamu menjadi tidak laku dipasaran karena pembeli lebih memilih produk yang membuat mereka tertarik.

Written by Filaa

Admin magang yang suka bikin konten seputar teknologi, hiburan, dan hal-hal aneh lainnya :)