in

Mengecek Keaslian STNK Kendaraan Lewat SMS

Baru-baru ini Humas Mabes Polri memperkenalkan layanan berbasis teknologi yang cukup canggih, yaitu mengecek keaslian STNK hanya bermodalkan handphone.

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sangat dibutuhkan jika Anda membeli mobil atau motor bekas. Hal ini penting karena saat ini banyak sekali pemalsuan STNK yang kerapkali dilakukan oleh penadah kendaraan bermotor. Penadah kendaraan bermotor tersebut umumnya beroperasi secara ilegal dengan memperjualbelikan motor dan mobil yang didapat dari hasil dari kejahatan, misalnya pencurian maupun perampasan.

Motor dan mobil tersebut kemudian diganti dengan plat nomor baru yang dilengkapi pula dengan STNK abal-abal. Dari tindakan tidak terpuji ini, banyak para oknum yang meraih keuntungan yang besar.

Teknologi Baru Polri

Baru-baru ini Humas Mabes Polri memperkenalkan layanan berbasis teknologi yang cukup canggih, yaitu mengecek keaslian STNK hanya bermodalkan handphone. Ya, kini Anda hanya perlu mengirim SMS melalui handphone Anda agar dapat dilakukan pengecekan tentang asli tidaknya STNK agar dapat meminimalisir pemalsuan. Teknologi ini dinilai akan membuat pengecekan tersebut menjadi lebih praktis dan simpel, karena tidak perlu mendatangi kantor polisi terdekat.

Layanan teknologi informasi STNK terbaru ini baru tersedia untuk kendaraan yang berasal dari DKI Jakarta yang memiliki pelat nomor kendaraan B dan untuk kendaraan yang berasal dari Medan yang memiliki pelat nomor kendaraan BK. Dalam website Humas Mabes Polri juga disebutkan bahwa wilayah Surabaya yang berpelat nomor L juga sudah dapat menerima informasi tersebut melalui teknologi layanan SMS.

Teknologi dengan Biaya Murah

Cara mengecek keaslian STNK untuk daerah-daerah tersebut adalah dengan mengetik SMS dengan format khusus. Untuk daerah DKI Jakarta cara yang dilakukan yaitu ketik: Metro (spasi) nomor polisi, misalnya Metro B8118HJ lalu kirim ke 1717. Sedangkan untuk daerah Surabaya atau Jawa Timur, Anda dapat mengetahuinya dengan cara ketik: JATIM L4444LY kemudian kirim ke 1717.

Setelah sms tersebut dikirim, maka Anda akan mendapat balasan SMS mengenai informasi dan status STNK kendaraan bermotor Anda secara otomatis dari teknologi Server Database STNK. Adapun biaya kirim satu kali SMS adalah sebesar Rp 1000,-. Dengan biaya yang murah dan terjangkau, kini Anda dapat melakukan pengecekan dengan mudah dan cepat.

Written by Filaa

Admin magang yang suka bikin konten seputar teknologi, hiburan, dan hal-hal aneh lainnya :)